twitter



Sistem penilaian prestasi kerja/penilaian kinerja terutama dengan usaha penentuan “nilai” suatu pekerjaan dan sebagai salah satu cara untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem pengupahan dan penggajian secara lebih teratur, sitematis dan lebih adil)
1. Hasil penilaian kinerja penting digunakan untuk:
a.       2. Meninjau ulang kinerja masa lalu.
b.      3. Memperoleh data yang pasti, sitematis dan faktual dalam penentuan “nilai” suatu pekerjaan.
c.       4. Memeriksa kemampuan perusahaan.
d.      5. Memeriksa kemampuan individu karyawan.
e.       6. Menyusun target masa depan.
f.       7. Melihat prestasi seseorang secara realistis.
g.      8. Memperoleh keadilan dalam sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku dalam perusahaan.
h.      9. Memperoleh data dalam penentuanstruktur upah dan gaji yang sepadan dengan apa yang berlaku secara    umum.
i.        10. Memungkinkan manajemen mengukur dan mengawasi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan secara lebih akurat.
j.        11. Memungkinkan manajemen melakukan negosiasi yang objektif dan rasiona dengan serikat pekerja apabila ada atau langsung dengan karyawan.
k.      12. Memberikan kerangka berpikir daam melakukan peninjauan secara berkala terhadap sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku dalam perusahaan.
l.        13. Memungkinkan manajemen lebih objektif dalam memperlakuakan karyawan berdasarkan prinsip-prinsip perusahaan yang sehat dan teknik-teknik penilaian yang tidak berat sebelah.
m.    14. Membantu manajemen dalam memiih, menempatkan, promosi, memindahkan dan meningkatkan kualitas karyawan.
n.      15 Memperluas tugas pokok, fungsi, kegiatan, wewenang dan tanggung jawab satuan-satuan kerja dalam perusahaan, yang apabila dapat terlaksana dengan baik akan mempunyai arti yang sangat penting daam usaha penyederhanaan kerja sehingga dapat menghilangkan duplikasi atau tumpang tindih dalam pelaksanaan berbagia kegiatan dalam perusahaan.
o.      16. Menghiangkan, atau paling sedikit mengurangi berbagai jenis keluhan karyawan yang apabila tidak teratasi dengan baik dapat berakibat para karyawan meninggalkan perusahaan dan pindah ke tempat kerja yang lain. Apabila dapat teratasi dengan baik akan meningkatkan motivasi kerja dan menumbuhsuburkan hubungan yang menguntungkan, baik pihak manajemen maupun pihak karyawan sendiri.
p.      17. Menyejajarkan penilaian kinerja dengan bisnis sehingga keefektifan penialaian kinerja dalam mencapai tujuan perusahaan tergantung pada seberapa sukses perusahaan menyejajarkan dan mengintegrasikan penilaian kinerja dengan sasaran bisnis strategis.
q.      18. Mengetahui latihan yang diperlukan.

0 comments:

Post a Comment